4 Buah yang Sebaiknya Dihindari Saat Jalani Diet Keto

98
4 Buah yang Sebaiknya Dihindari Saat Jalani Diet Keto

Buah tentu menjadi salah satu menu wajib bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Kandungan serat di dalamnya bisa membantu memperlancar pencernaan, ini tentu sangat berguna jika ingin menurunkan berat badan. Namun, beberapa buah-buahan ini sebenarnya tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika Anda melakukan diet keto.

Buah-buahan yang dihindari selama diet keto

Diet keto adalah jenis diet rendah karbohidrat. Prinsip diet keto sendiri dilakukan dengan mengurangi asupan karbohidrat dan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan protein. Nantinya, pembakaran lemak dalam tubuh inilah yang akan menjadi sumber energi untuk menggantikan karbohidrat.

Biasanya, diet keto hanya membutuhkan 5% karbohidrat atau 20-50 gram dari seluruh menu makanan dalam satu hari. Karena itu, Anda harus memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi tidak mengandung karbohidrat berlebih.

Salah satunya dalam memilih buah. Beberapa di bawah ini adalah asupan yang harus dikurangi ketika Anda melakukan diet keto.

1. Pisang

manfaat pisang

Anda tentu sering melihat persiapan sehat yang terbuat dari pisang yang digunakan sebagai pengganti menu makanan biasa. Bahkan, ada metode diet yang membuat pisang menjadi makanan utama karena kenyang. Namun, khasiat buah ini tidak berlaku untuk diet keto.

Dilihat dari nutrisinya, satu pisang berukuran sedang mengandung 110 kalori dan 30 gram karbohidrat, dengan kandungan protein hanya 1 gram. Pisang juga bebas lemak, jadi buah ini tidak memenuhi kriteria yang tepat untuk Anda masukkan dalam menu diet keto.

2. Mangga

makan mangga saat hamil

Seperti yang Anda ketahui, asupan karbohidrat ideal disarankan tidak melebihi 50 gram per hari. Sepintas, buah mangga dapat menjadi ideal untuk diet karena kalori hanya 50 gram dan mengandung vitamin C. Selain itu, mangga juga mengandung banyak air sehingga akan memiliki efek mengisi.

Sayangnya, jika Anda memilih diet keto, mangga harus dihapus dari daftar. Buah mangga memiliki kandungan karbohidrat hampir 15 gram dalam setiap porsi 100 gr.

Makan mangga berukuran sedang tentu saja melebihi kebutuhan karbohidrat Anda dalam satu hari mengingat bobotnya bisa mencapai 300 hingga 500 gram. Kandungan gulanya juga cukup tinggi sehingga penyajiannya harus sangat terbatas.

3. Buah-buahan kering

buah kering

Satu butir buah kering memiliki kandungan nutrisi yang sama dengan buah segar, bahkan lebih banyak mengandung serat dan antioksidan.

Namun perlu diingat bahwa buah-buahan kering yang sudah mengandung gula alami juga terkadang menggunakan gula tambahan dalam pembuatannya. Kandungan vitamin C dari buah segar juga akan berkurang selama proses pengeringan.

Karena ukurannya yang kecil, tanpa disadari Anda telah memakannya dalam jumlah besar. Ini juga berarti bahwa Anda telah menambahkan asupan gula berlebih selama diet.

4. Pir

manfaat buah pir

Meski kandungan vitamin C-nya tinggi, buah pir bukan jenis yang tepat untuk dijadikan menu dalam diet keto.

Pir berukuran sedang dengan berat 178 gram sudah mengandung 27 gram karbohidrat termasuk kadar gula 17 gram. Buah ini juga mengandung sedikit lemak dengan hanya sekitar seperempat gram dan 1 gram protein.

Makan satu buah pir sudah memenuhi lebih dari setengah kebutuhan karbohidrat untuk diet keto.

Lalu buah apa yang baik untuk diet keto?

Konsumsi buah-buahan tentu masih penting untuk diet keto. Asupan serat yang tinggi masih dibutuhkan agar diet tidak menimbulkan efek samping seperti sembelit. Menemukan asupan ideal untuk diet keto mungkin sedikit sulit mengingat sebagian besar buah-buahan mengandung karbohidrat tinggi dengan sedikit lemak.

Untungnya, ada beberapa buah yang memenuhi kriteria diet keto, salah satunya adalah alpukat. Melayani 100 gram atau sekitar satu setengah alpukat mengandung 12 gram lemak dan kandungan karbohidrat hanya 9 gram, dengan 7 gram terdiri dari serat.

Kandungan lemak yang baik dalam alpukat juga dapat digunakan sebagai pengganti lemak hewani. Selain potasium yang dapat menurunkan tekanan darah, alpukat juga dapat membantu Anda mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Atau, Anda bisa makan buah beri, termasuk stroberi, raspberry, dan blueberry untuk diet keto. Tidak hanya tinggi serat dan rendah karbohidrat, buah beri juga mengandung antioksidan yang berguna dalam mengatasi peradangan dan menangkal radikal bebas yang menyebabkan penyakit.

Posting 4 Buah yang Harus Anda Hindari Ketika Anda Hidup Keto Diet muncul pertama kali di Hello Sehat.