5 Tips Memilih Perawat yang Tepat untuk Lansia

45
5 Tips Memilih Perawat yang Tepat untuk Lansia

Seiring bertambahnya usia, tubuh juga berubah dan tidak lagi memiliki kekuatan yang sama seperti sebelumnya. Demikian juga, ketika melakukan berbagai kegiatan, mereka yang telah memasuki usia lanjut membutuhkan bantuan dari orang lain.

Khusus untuk lansia dengan kebutuhan khusus, belum tentu anggota keluarga lain dapat memberikan bantuan yang sesuai. Karena itu, kehadiran para profesional seperti perawat tentu sangat diperlukan. Lalu, apa yang harus dipertimbangkan ketika memilih perawat lansia yang tepat?

Memilih perawat yang tepat untuk orang tua

Memilih perawat tentu tidak bisa sembarangan. Kehadiran perawat tidak hanya untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan tetapi juga menemani dalam kegiatan sehari-hari.

Perawat yang tepat dapat meningkatkan kualitas hidup lansia dan menjadikan mereka lebih aktif. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti ketika memilih perawat untuk lansia.

1. Ketahui kebutuhan para lansia

perbedaan demensia dengan delirium dan depresi

Sebelum mulai memilih perawat untuk lansia, ada baiknya Anda memastikan terlebih dahulu apakah orangtua benar-benar membutuhkan perawat, apa alasannya, dan apa kebutuhan mereka.

Biasanya ada perawat yang mengabdikan diri untuk mengurus kebutuhan tertentu.

Pastikan yang Anda butuhkan adalah seorang perawat untuk membantu kegiatan sehari-hari seperti memasak atau membersihkan.

Atau mungkin seorang perawat yang dapat menemani orang tua di luar rumah, atau seorang perawat yang mengerti hal-hal tentang mengambil kebutuhan obat, semua yang perlu Anda ketahui sebelum Anda mulai mempekerjakan perawat.

2. Pilih seorang perawat dari agen tepercaya

memilih perawat lansia
Sumber: Vanderbit News

Memang, memilih perawat yang bekerja secara individual akan menghemat lebih banyak biaya. Namun, Anda juga harus ingat bahwa Anda juga harus mengambil tanggung jawab penuh untuk merekrut, memberikan pekerjaan, dan mengawasi apakah perawat telah melakukan pekerjaan mereka dengan benar.

Untuk membuatnya lebih mudah, Anda dapat menemukan perawat dengan bantuan agen. Karena perawat dari agen biasanya sudah tersertifikasi, Anda tidak perlu terlalu khawatir.

Mintalah rekomendasi dari orang-orang di sekitar Anda yang memiliki pengalaman atau dari dokter yang menangani orang tua untuk mengetahui agen mana yang bereputasi baik.

3. Mengetahui latar belakang calon perawat

rehabilitasi medis lansia

Anda tentu tidak ingin orang yang dicintai jatuh cinta pada orang yang salah, jadi hal penting lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih perawat untuk orang tua adalah mengetahui latar belakang mereka.

Tanyakan kepada agen apakah mereka benar-benar memeriksa perawat, termasuk bagaimana kinerja perawat sebelumnya dan seperti apa program itu.

Jika ada prosedur dari agen dalam menyaring calon perawat yang membuat Anda tidak nyaman, mungkin Anda harus menyiapkan opsi lain.

Juga berlaku jika Anda ingin merekrut perawat yang tidak terikat pada institusi atau agen apa pun. Cari tahu apakah calon perawat memiliki riwayat perilaku buruk dan apakah mereka berlisensi untuk keahlian khusus.

4. Cari perawat yang kompatibel dengan orang tua dan keluarga

aktif berhubungan seks lansia

Dalam memilih perawat lansia yang tepat, yang terbaik tidak hanya memilih mereka yang terlatih tetapi juga cocok dengan orang tua dan keluarga.

Ini tentu saja penting agar komunikasi antara kedua belah pihak dapat terjalin dengan baik dan nantinya juga akan membuat orang tua merasa nyaman di hadapan perawat.

Minta agen untuk membawa Anda, orang tua, dan calon perawat sebelum Anda mulai bekerja. Dari pertemuan ini Anda bisa melihat gambaran tentang apa yang akan terjadi di masa depan.

5. Persiapkan detail pekerjaan yang harus dilakukan oleh perawat

hamil setelah menghentikan pil kb

Persiapkan daftar pekerjaan yang harus dilakukan secara lengkap dan akurat. Fokuskan tugas Anda pada kebutuhan pribadi orang tua.

Juga sampaikan hal-hal yang menjadi harapan Anda dari calon perawat. Jelaskan semuanya dengan jujur ​​dan jelas untuk memastikan calon perawat bersedia untuk berkomitmen dan dapat bertanggung jawab atas pekerjaan mereka.

Memilih perawat untuk orang tua tidak selalu mudah, terkadang ada perbedaan keinginan antara Anda dan orang tua Anda. Karena itu, diskusikan dan tanyakan apakah ada hal-hal yang membuat orang tua kurang menyenangkan.

Bahkan jika Anda harus sering berganti perawat, yang paling penting adalah orang tua merasa nyaman dan bahagia dengan kehadiran profesional yang akan merawat mereka.

Posting 5 Tips Memilih Perawat yang Tepat untuk Lansia muncul pertama kali di Hello Sehat.