8 Cara Ampuh Merawat Gigi Agar Putih dan Sehat

215

8 Cara Efektif untuk Menjaga Gigi Anda Menjadi Putih dan Sehat – Merawat gigi sangat mudah, tergantung pada tingkat kemauan dan kesadaran seseorang terhadap kesehatan gigi itu sendiri. Sebagai alat pencernaan, gigi manusia seperti pisau yang berfungsi memotong makanan agar menjadi lunak dan mudah dicerna oleh organ pencernaan tubuh manusia.

Selain itu, gigi manusia memiliki struktur pelindung yang sangat baik untuk melindungi gigi agar tidak mudah rusak dan berlubang. Ya, enamel gigi adalah pelindung alami terbaik pada gigi manusia! Struktur gigi manusia sulit tetapi juga fleksibel ketika mengunyah apa pun yang masuk ke mulut termasuk makanan.

Lalu, apakah enamel gigi cukup untuk melindungi kesehatan gigi? Tidak. Meskipun gigi adalah implan yang sangat baik, enamel gigi saja tidak cukup untuk mempertahankan kesehatan gigi itu sendiri. Berbagai zat yang masuk ke mulut dapat merusak kesehatan dan ketahanan gigi, terutama bisa mengubah warna gigi tidak lagi putih.

Baca juga:

  • 6 Faktor Yang Mempengaruhi Daya Kerja Obat dalam Tubuh
  • 6 Penyebab Utama Lumbago Dan Cara Mengatasinya
  • Cara Diet Mayo dan Resep Menu Makanan selama 13 Hari
  • Penyebab dan gejala meningitis pada anak-anak
  • Jangan Takut Memakai Jilbab, Ini Manfaat Kesehatan Jilbab Untuk Wanita!

Satu-satunya cara adalah membawa kesadaran merawat dan menjaga kesehatan gigi yang kemudian dilakukan dalam bentuk tindakan yang mengarah pada perawatan gigi itu sendiri. Tahukah Anda, sebenarnya merawat gigi menjadi putih dan tetap sehat sangat mudah dan sederhana. Ada banyak cara untuk melakukan itu dan meskipun sederhana dan mudah ternyata sangat efektif dalam menjaga kesehatan gigi, terutama merawat gigi agar tetap putih. Berikut adalah beberapa cara sederhana namun sangat efektif untuk merawat gigi kita!

8 Cara Efektif dan Sederhana untuk Merawat Gigi Anda Agar Menjadi Putih dan Tetap Sehat

rawat gigi Anda agar sehat
rawat gigi Anda agar sehat

1. Hindari permen

Bakteri di mulut menyukai makanan manis atau yang mengandung gula. Untuk itu, mengurangi volume makanan manis di mulut sangat jitu untuk menjaga agar bakteri di mulut tidak berkembang.

2. Hindari makanan yang masih panas atau terlalu dingin

Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin dalam makanan atau minuman dapat merusak tingkat sensitivitas gigi bahkan untuk dapat membuat retakan pada struktur gigi itu sendiri. Ketika itu terjadi, bakteri akan dengan mudah memasuki struktur gigi dan menyebabkan sakit gigi atau bahkan meningkatkan kerusakan gigi terutama pada warna putih gigi. Untuk alasan ini, sebelum makan atau minum di mulut Anda, pastikan makanan atau minumannya tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

3. Menyikat Gigi minimal 3 kali sehari

Menyikat terlalu sering akan menyebabkan kerusakan pada email gigi. Untuk alasan ini, untuk merawat gigi agar putih dan tetap sehat, disarankan untuk rajin menyikat gigi setidaknya 3 kali sehari, terutama sebelum tidur. Ini berfungsi agar sisa makanan yang terlibat dalam gigi tidak bertambah dan menghentikan perkembangan bakteri yang memakan sisi makanan.

4. Makan banyak buah segar

Selain baik untuk kesehatan tubuh, ternyata serat dalam buah segar dapat membantu menghilangkan kotoran dan sisa yang menempel pada gigi. Untuk alasan ini, semakin banyak kita makan buah segar, semakin sehat gigi kita.

5. Sering Mengunyah Permen Karet

Selain sebagai latihan otot mulut, ternyata permen kunyah dapat merangsang air liur di mulut yang meningkat. Dengan demikian peningkatan kuantitas air liur dapat membersihkan partikel asam dari sisa makanan dalam tubuh sehingga akan merawat gigi agar tetap putih, sehat dan juga tidak berlubang. Namun, yang perlu diingat adalah mengunyah permen karet yang tidak mengandung banyak gula.

6. Gunakan obat kumur

Obat kumur sangat baik digunakan setelah menyikat gigi. Obat kumur yang mengandung fluoride sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi atau gigi berlubang. Berkumurlah maksimal 2 kali sehari dan itu sudah cukup untuk menghancurkan kuman penyebab plak gigi.

7. Gunakan Benang Gigi

Benang gigi dapat berfungsi untuk membersihkan sisa makanan yang tersangkut di antara gigi. Namun, penggunaan benang gigi harus sangat hati-hati karena ini dapat menyebabkan benang gigi melukai email gigi yang sangat disukai oleh bakteri di mulut dan sebagai penyebab bau mulut.

Benang gigi
Benang gigi

8. Periksa Kesehatan Gigi secara rutin ke Dokter

Nah, cara ini adalah bentuk perawatan kesehatan gigi medis. Untuk itu, dalam hal menjaga dan merawat kesehatan gigi kita memerlukan saran dan saran dari para ahli kesehatan, dalam hal ini dokter gigi. Secara rutin memeriksa kesehatan gigi Anda setiap 6 bulan, dokter gigi akan bekerja secara profesional sehingga ia dapat merawat giginya agar tetap putih dan sehat sesuai dengan harapan Anda, tentu saja.