Apa Itu Gentle Birth? Benarkah Bisa Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan?

13

Kelahiran yang lembut adalah salah satu metode persalinan yang akhir-akhir ini mungkin sering Anda dengar. Kelahiran putra pertama penyanyi Andien juga memperkenalkan metode melahirkan kelahiran lembut ini di Indonesia. Namun, tahukah Anda apa itu kelahiran yang lembut? Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan lihat ulasan berikut.

Apa itu kelahiran lembut?

Kelahiran yang lembut adalah proses kelahiran yang normal dan damai, sehingga ibu akan melahirkan dengan sedikit rasa sakit.

Rasa takut sakit saat melahirkan membuat ibu hamil gagal melahirkan secara normal. Nah, kelahiran yang lembut datang untuk mengurangi kecemasan dan ketakutan ibu dari persalinan yang menyakitkan.

Perlu Anda ketahui, ketakutan saat melahirkan justru bisa membuat proses persalinan lebih menyakitkan. Ketakutan membuat hormon stres meningkat sehingga Anda dapat memperlambat kemampuan Anda saat melahirkan dan membuat proses melahirkan lebih menyakitkan. Sebaliknya, melahirkan dengan pikiran tenang dan positif sebenarnya dapat memudahkan Anda saat melahirkan dan proses persalinan akan lebih lancar.

Persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan kelahiran lembut

Kelahiran yang lembut sangat mudah bagi Anda untuk melahirkan. Anda dapat melahirkan dengan metode kelahiran lembut di mana pun Anda inginkan, di rumah sakit atau di rumah, di tempat yang membuat Anda merasa santai. Anda juga dapat memilih metode melahirkan apa yang akan Anda jalani, metodenya water birth (melahirkan di air) sebagai contoh. Namun, dengan catatan harus dipandu oleh bidan atau dokter.

Proses kelahiran yang lembut itu sendiri juga harus dipersiapkan sebelumnya. Anda perlu melakukan beberapa persiapan sebelum melahirkan, seperti latihan pernapasan, pijat (seperti di area vagina dan perineum), pelajari apa yang akan terjadi selama proses persalinan, olahraga teratur, dan pertahankan konsumsi makanan Anda.

Persiapan fisik dan mental

Dikutip dari laman Made for Mums, Dr. Gowri Motha, penggagas metode kelahiran lembut pada 1980-an, mengatakan bahwa wanita hamil tidak boleh melakukan aktivitas apa pun (seperti bekerja) selama beberapa minggu atau bulan sebelum melahirkan. Bekerja bisa membuat wanita hamil stres, yang menyebabkan peningkatan kadar hormon stres kortisol, yang dapat mempersulit proses kelahiran.

Mempersiapkan diri dengan baik sebelum proses persalinan, membuat pikiran dan hati tenang, memikirkan hal-hal positif tentang proses persalinan sehingga rasa takut akan melahirkan menghilang dapat mendukung produksi hormon yang dibutuhkan selama persalinan. Seperti hormon relaxin, endorfin, dan hormon plasenta lainnya.

Ketika waktu kelahiran sudah dekat, cobalah untuk berpikir positif. Ingat, melahirkan adalah proses alami, Anda tidak perlu khawatir, cukup ikuti insting tubuh Anda. Latihan pernapasan dan olahraga teratur dapat mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Baca kisah inspirasional tentang proses kelahiran positif sehingga Anda juga berpikir positif. Anda juga dapat melakukan hipnosis untuk menunjukkan pada diri sendiri bahwa persalinan tidak sesakit yang Anda kira dan Anda akan dapat melakukannya.

Makan makanan sehat

Menerapkan kebiasaan makan sehat selama kehamilan adalah salah satu kunci dalam menjalani proses kelahiran yang lembut. Tubuh membutuhkan banyak nutrisi yang harus dipenuhi selama kehamilan, agar kesehatan Anda tetap terjaga dan memudahkan Anda selama proses kelahiran. Usahakan untuk mengonsumsi banyak sayuran dan buah selama kehamilan, dan juga banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Batasi konsumsi makanan yang mengandung banyak gula dan tepung selama kehamilan. Makanan-makanan ini dapat membuat Anda menambah berat badan berlebih yang akan menyulitkan Anda saat melahirkan.

Motha juga mengatakan bahwa ketika Anda mulai makan dengan baik dan menjadi tenang, alam akan membantu Anda lebih percaya diri dalam menghadapi kelahiran. Anda secara alami akan dapat melewati kelahiran dengan lancar, tenang, dan dengan sedikit rasa sakit. Anda merasa puas dan bahagia setelah berhasil melewati semua proses kelahiran, bayi Anda juga akan bahagia.

Tidak semua wanita hamil bisa melakukan persalinan yang lembut

Bagi Anda yang memiliki kehamilan sehat dan tanpa masalah, mungkin Anda bisa melahirkan dengan metode kelahiran lembut ini. Kelahiran yang lembut adalah pilihan yang aman, nyaman, dan menyenangkan untuk melahirkan jika kehamilan Anda normal dan tidak ada komplikasi. Namun, mungkin berbeda jika Anda memiliki kehamilan berisiko tinggi. Jika Anda memiliki masalah kehamilan atau mengalami komplikasi kehamilan, Anda harus mengikuti saran dokter Anda untuk menentukan metode persalinan apa yang akan Anda jalani.

Posting Apa itu Kelahiran yang Lembut? Bisakah Ini Benar-benar Mengurangi Rasa Sakit Saat Melahirkan? muncul pertama kali di Hello Sehat.