Belajar Bahasa Asing Lewat Aplikasi, Apakah Efektif?

15

Seiring kemajuan teknologi, semakin banyak hal yang dapat dilakukan hanya dengan menggunakan internet dan ponsel. Ini tentunya digunakan oleh kebanyakan orang untuk memudahkan mereka dalam melakukan sesuatu melalui aplikasi, termasuk belajar bahasa. Jadi, apakah efektif untuk belajar bahasa hanya dengan aplikasi?

Penjelasan pembelajaran bahasa dengan aplikasi yang ternyata efektif

aplikasi pembelajaran bahasa yang efektif

Sudah bukan rahasia lagi bahwa ada banyak manfaat dari belajar bahasa asing. Mulai dari membantu mempertajam ingatan hingga menambah wawasan ke negara-negara lain yang ditawarkan mulai dari belajar bahasa asing.

Karena itu, jangan kaget jika orang berlomba untuk belajar bahasa asing, apakah itu bahasa Inggris atau bahasa lain untuk mendapatkan manfaat ini. Salah satu metode belajar otodidak yang banyak dilakukan oleh orang adalah belajar melalui aplikasi.

Tanpa bantuan tutor atau pakar, beberapa orang merasa bahwa belajar bahasa asing dengan aplikasi bahkan lebih efektif. Ini dibuktikan melalui studi dari Michigan State University.

Para ahli dalam penelitian ini menyebutkan bahwa peserta yang belajar bahasa asing melalui aplikasi dapat mengembangkan kemampuan mereka baik dalam tata bahasa, kosa kata, dan komunikasi lisan.

belajar bahasa asing

Penelitian dipublikasikan dalam jurnal Annals Bahasa Asing ini dihadiri oleh 85 mahasiswa sarjana dari Michigan State University. Mereka diminta menggunakan aplikasi pembelajaran bahasa asing selama 12 minggu untuk belajar bahasa Spanyol.

Peserta diharuskan mengikuti tes untuk menilai cara berbicara, kosa kata, dan tata bahasa. Setelah 12 minggu, 54 siswa yang menyelesaikan persyaratan penelitian kembali untuk mengikuti tes untuk melihat apakah kemampuan mereka dikembangkan atau tidak.

Akibatnya, kemampuan hampir semua peserta meningkat, baik dalam pengetahuan bahasa mereka dan cara berkomunikasi. Hal ini membuat para peneliti menarik kesimpulan bahwa sangat mungkin untuk belajar bahasa asing menggunakan aplikasi yang cukup efektif.

Sementara itu, 59% dari peserta yang berhasil mengembangkan kemampuan tingkat mereka juga dilaporkan memiliki proporsi belajar yang meningkat. Artinya, setengah dari peserta studi menghabiskan lebih banyak waktu belajar.

Meski begitu, para peneliti mengingatkan bahwa tidak ada yang bisa menggantikan ruang kelas dan interaksi manusia ketika pembelajaran dimulai. Penggunaan aplikasi untuk pembelajaran bahasa memang dapat digunakan, tetapi selain itu pengajaran tatap muka menjadi lebih efektif.

Keuntungan belajar bahasa menggunakan aplikasi

Mempelajari bahasa asing dengan aplikasi cukup efektif. Selain itu, di era teknologi canggih ini, banyak orang, termasuk siswa, mengandalkan ponsel dan aplikasi untuk mendukung proses pembelajaran.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh penggunaan aplikasi untuk belajar bahasa asing.

1. Akses selalu tersedia

laptop pangkuan

Mempelajari bahasa asing dengan bantuan aplikasi memang menawarkan sejumlah keunggulan dan salah satunya adalah ketersediaan akses.

Pengguna aplikasi tidak perlu lagi pergi ke tempat belajar. Mereka dapat mengakses konten kursus bahasa di mana saja dan kapan saja. Ini juga memudahkan mereka untuk mengatur waktu belajar, sehingga lebih fleksibel.

2. Dapat berinteraksi langsung dengan guru

aplikasi pembelajaran bahasa yang efektif

Selain akses yang selalu tersedia, belajar bahasa dengan aplikasi ini juga memudahkan pengguna untuk berinteraksi langsung dengan instruktur mereka.

Saat mempelajari sesuatu, tentu akan ada pertanyaan yang muncul. Jika pertanyaan muncul kemudian, Anda mungkin kehilangan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan di kelas. Namun, ini tidak berlaku saat menggunakan aplikasi untuk belajar bahasa.

Secara umum, bahasa pembelajaran melalui aplikasi memiliki fasilitas untuk berkomunikasi langsung dengan instruktur. Kemudahan mengirim pesan ini mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan dan biasanya dijawab dengan baik oleh aplikasi yang digunakan.

Dalam beberapa kasus, keunggulan ini juga memperkuat hubungan antara siswa dan tutor bahasa dan mereka tidak perlu menghubungi instruktur melalui media lain.

3. Tidak perlu repot dengan buku-buku berat

cara memakai ransel dengan benar

Kemudahan akses dan fleksibilitas yang ditawarkan oleh aplikasi pembelajaran asing tampaknya juga membebaskan orang, terutama siswa dari membawa buku teks. Saat belajar bahasa asing, tentu saja semua orang perlu membawa kamus untuk memudahkan pembelajaran mereka.

Dengan kenyamanan aplikasi mobile ini ternyata mengurangi berat pada ransel siswa yang tentunya dapat berdampak pada kesehatan mereka. Oleh karena itu, aplikasi pembelajaran lebih sering disebut sebagai ransel digital karena mengandung banyak hal dalam satu hal.

Di Indonesia, ada banyak aplikasi pembelajaran bahasa asing yang dapat diunduh oleh semua orang, termasuk anak-anak. Namun, penggunaan aplikasi bukan satu-satunya metode yang dianggap efektif bagi semua orang untuk belajar bahasa dengan mudah.

Posting Belajar Bahasa Asing Melalui Aplikasi, Apakah Ini Efektif? muncul pertama kali di Hello Sehat.