Jangan Takut Memakai Hijab, Inilah Manfaat Hijab Bagi Kesehatan Wanita!

21

Jangan Takut Memakai Jilbab, Ini Manfaat Kesehatan Jilbab Untuk Wanita! – Bagi Muslim, terutama di Indonesia, mendengar atau melihat wanita mengenakan jilbab mungkin sudah tidak asing lagi, seperti halnya di Arab dan negara-negara lain di mana mayoritas penduduknya adalah Muslim.

Namun, ini tidak terjadi di negara-negara barat terutama di Indonesia Eropa dan Amerika. Wanita yang mengenakan jilbab dianggap sebagai seseorang yang akan berbahaya sampai saat itu ada perbedaan dalam perawatan untuk mereka mulai dari hal-hal kecil hingga kebijakan yang dikeluarkan oleh suatu institusi tidak terkecuali oleh lembaga pemerintah itu sendiri. Seperti halnya baru-baru ini, di mana salah satu universitas terkemuka di Indonesia Perancis melarang siswa jilbab memasuki area kampus.

Pada kesempatan ini, kita tidak akan membahas panjang lebar tentang larangan mengenakan jilbab, namun, mari kita lihat ada fakta ilmiah dan medis tentang manfaat mengenakan jilbab untuk kesehatan wanita yang memakainya. Untuk alasan ini, sebelum kita membahas fakta, lebih baik kita tahu terlebih dahulu apa itu jilbab dalam hal definisi dan definisi.

Baca juga:

  • 10 Obat Herbal Dan Cara Aman Untuk Mengatasi Dahak Dan Batuk Kering
  • 6 Jenis Vitamin dan Fungsinya bagi Tubuh Manusia
  • HIV AIDS: Cara Penularan, Tanda dan Gejala yang Mudah Diakui
  • 20 Gejala Diabetes Mellitus Yang Mudah Diakui

Definisi dan Definisi Hijab dan Penelitian yang Dilakukan

Baju jilbab
Baju jilbab

Demikian etimologi, jilbab berasal dari kata Arab hijjab yang berarti "penghalang", tetapi menurut definisi kata jilbab ditafsirkan sebagai kode pakaian yang tepat untuk wanita Muslim dan sesuai dengan pedoman agama Islam (sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Hijab).

Mengacu pada definisi dan definisi, dapat disimpulkan bahwa jilbab adalah prosedur untuk berpakaian seorang wanita Muslim yang menutupi seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan pemakainya sesuai dengan pedoman Islam.

Seiring perkembangan zaman, banyak penelitian yang dilakukan oleh para ahli tentang manfaat hijab baik oleh para ahli kriminal dan ahli kesehatan (medis). Secara kriminal ternyata mengenakan jilbab bisa mengurangi angka kriminal, terutama dalam kategori pelecehan seksual hingga tingkat pemerkosaan. Fakta yang diperoleh adalah tingkat kejahatan seksual di negara-negara yang masyarakatnya (perempuan) tidak berjilbab akan lebih tinggi daripada di negara-negara di mana mayoritas penduduk mengenakan jilbab.

Selain itu, dalam hal penelitian kesehatan (medis) ternyata mengenakan jilbab justru akan memberikan manfaat kesehatan bagi pemakainya terutama karena radiasi. sinar ultraviolet dari sinar matahari yang berlebihan. Seperti yang kita ketahui, walaupun sinar matahari bermanfaat bagi kehidupan, ternyata paparan sinar ultraviolet (UV) juga sangat berbahaya jika terpapar kulit secara langsung dan terus menerus. Untuk itu hasil riset kesehatan telah memberikan beberapa fakta tentang manfaat hijab, terutama bagi wanita yang memakainya. Apa manfaat jilbab? Berikut ulasannya!

Manfaat Hijab untuk Kesehatan Wanita Berdasarkan Penelitian Medis

Manfaat Hijab
Manfaat Hijab

1. Perlambat Penuaan Dini Kaum wanita

Proses penuaan adalah kondisi alam yang dialami oleh semua orang termasuk wanita. Selain disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang dijalani, proses penuaan pada seseorang juga karena paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari sebenarnya dapat merangsang pelepasan sel melanin di kulit dan menyebabkan kerusakan pada jaringan elastin dan kolagen di kulit. Ketika itu terjadi, maka kulit menjadi tidak lagi lentur dan akibatnya timbul kerutan pada kulit sebagai gejala awal penuaan dini pada seseorang. Dengan jilbab, seorang wanita akan lebih terlindungi dari paparan sinar UV matahari dibandingkan saat mengenakan krim pelindung kulit atau sejenisnya, juga bisa menjaga wajah dan kulit Anda memutih.

2. Hijab Dapat Menjaga Kesehatan Rambut Wanita

Kesehatan rambut bagi wanita yang memakai jilbab akan lebih terjaga, ini karena jilbab yang digunakan akan melindungi rambut dari sinar matahari langsung, radikal bebas, polusi dan debu yang dapat merusak rambut. Menggunakan jilbab adalah salah satu solusi bagi wanita dalam menjaga dan memilih rambut sehat dari berbagai kerusakan atau ketombe.

3. Hijab Dapat Mencegah Terjadinya Kanker Kulit

Kanker kulit adalah penyakit yang terbentuk akibat ketidakstabilan sel-sel kulit yang dapat dipicu oleh beberapa hal seperti bahan kimia, radikal bebas dan paparan sinar ultraviolet terhadap sinar matahari. Kulit wanita memiliki daya tahan lebih rendah daripada kulit pada pria. Sinar ultraviolet (UV) matahari dapat merusak dan membunuh DNA dalam sel kulit dan mengubahnya menjadi sel tumor yang memicu kanker kulit. Karena alasan ini, mengenakan jilbab sesuai ketentuan seorang wanita akan lebih terlindungi dari timbulnya sel kanker kulit.

4. Peradangan Kulit Luar (Keratosis surya)

Peradangan kulit luar adalah kondisi kulit yang terlihat bersisik dan kasar karena terpapar sinar matahari Ultra Violet (UV). Jika ini dibiarkan berlanjut, kondisi tersebut dapat memicu timbulnya sel kanker. Dengan mengenakan jilbab, semua bagian tubuh wanita akan terlindung dari paparan Sinar matahari UV khususnya terhadap kejadian radang kulit luar (Solar Keratoses).

Nah, itu sedikit penjelasan tentang manfaat jilbab untuk kesehatan wanita, semoga artikel kesehatan ini bisa sedikit mencerahkan, terutama bagi wanita yang memakai jilbab sehingga mereka tidak ragu dan tidak lagi takut menjalaninya. Selain itu jilbab adalah suatu keharusan bagi wanita Muslim dan cara hidup Islam, ternyata ternyata jilbab juga telah terbukti secara ilmiah dan medis dalam hal memberikan manfaat kesehatan bagi setiap pemakai.