Kapan Saya Bisa Mulai Cek Kehamilan dengan Test Pack?

25

"Benarkah aku hamil atau tidak?"

Banyak dari Anda yang tidak menyadari bahwa Anda sedang hamil, apalagi di minggu-minggu pertama kehamilan. Tiba-tiba, setelah ke dokter, kehamilan Anda menjadi 2 bulan, 3 bulan, atau bahkan 4 bulan. Rasanya kaget dan bersemangat setelah mengetahui hal itu. Mengapa baru ditangkap sekarang? Sebenarnya dari usia kehamilan berapakah kamu bisa mengetahui kalau kamu hamil?

Kapan test pack mendeteksi kehamilan?

Anda akan hamil jika sel telur yang Anda keluarkan dibuahi oleh sperma dari pasangan Anda. Hal ini tidak bisa langsung diketahui karena kehamilan hanya bisa diketahui setelah Anda mulai melepaskan hormon human chorionic gonadotropin (HCG). HCG akan dikeluarkan setelah sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim, dan saat ini kehamilan dapat dideteksi dengan tes kehamilan.

Untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak, Anda bisa menggunakan alat tes kehamilan untuk memeriksanya. Berapa lama Anda bisa mengetahui apakah Anda hamil tergantung pada alat tes kehamilan yang Anda gunakan. Semua tes kehamilan mengukur jumlah hormon HCG untuk menunjukkan apakah Anda hamil atau tidak. Beberapa tes kehamilan lebih sensitif daripada yang lain. Semakin sensitif tes kehamilan, semakin mampu mendeteksi kadar HCG rendah pada awal kehamilan, mungkin dua hari setelah sel telur Anda dibuahi.

Cara memilih paket pengujian yang paling sensitif

Anda bisa melihat tingkat kepekaan alat tes kehamilan ini pada kemasannya, dalam satuan ukuran mIU / ml (milli-International Units per milliliter). Secara umum, sensitivitas alat tes kehamilan berkisar dari 10 mIU / ml hingga 40 mIU / ml. Semakin rendah angkanya maka tes kehamilan akan semakin sensitif, sehingga kehamilan lebih dini dapat dideteksi.

Apa jenis tes kehamilan?

Ada dua jenis alat tes kehamilan, yang menggunakan urine dan yang menggunakan darah. Keduanya mengukur kadar hormon HCG untuk mendeteksi kehamilan.

Tes urin (paket tes)

Tes ini menggunakan alat yang dikenal sebagai test pack dapat dilakukan di rumah dengan mudah. Anda hanya mengumpulkan urin Anda, dan test pack akan menunjukkan tanda-tanda, seperti perubahan warna, perubahan garis, atau simbol plus-minus yang menandakan Anda hamil atau tidak.

Anda bisa melakukan tes ini saat hari pertama atau hari kesepuluh Anda terlambat haid. Terlalu dini melakukan tes ini bisa menunjukkan hasil yang negatif, meski sebenarnya Anda sedang hamil. Untuk hasil yang lebih tepat, disarankan untuk memeriksakan diri beberapa hari setelah Anda merasa menstruasi Anda terlambat.

Tes urine memiliki tingkat akurasi 97% bila dilakukan dengan benar. Jika dilakukan tidak tepat atau terlalu dini, hasilnya tidak akan akurat. Jika hasil tes negatif tetapi Anda mengalami tanda-tanda kehamilan, seperti terlambat haid, mual, dan kelelahan, tunggulah selama seminggu hingga tes ini dilakukan kembali atau Anda dapat melakukan tes lain atau mengunjungi dokter.

Tes darah

Anda perlu mengunjungi dokter Anda untuk tes ini. Tes ini lebih efektif dan bisa dilakukan lebih awal daripada tes urine karena Anda bisa melakukan tes darah 6 sampai 8 hari setelah ovulasi di mana konsepsi mungkin terjadi saat terakhir kali berhubungan seksTapi hasilnya butuh waktu lebih lama karena tes darah harus diujikan di laboratorium. Ada dua jenis tes darah, yaitu HCG kuantitatif dan HCG kualitatif.

Cara kerja tes darah kuantitatif adalah dengan mengukur jumlah hormon HCG dalam darah, sedangkan tes darah kualitatif melihat ada tidaknya hormon HCG dalam darah. Secara umum, jika Anda sedang hamil, hasil tes yang positif akan terlihat dalam 3-4 hari setelah sel telur yang dibuahi ditanamkan ke dinding rahim atau 9-10 hari setelah Anda melakukan hubungan seksual di mana terjadi pembuahan (sel sperma membuahi sel telur) .

Faktor apa yang mempengaruhi hasil tes?

  • Saat telur menempel di dinding rahim. Saat sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim, maka hormon HCG akan mulai dilepaskan dan jumlahnya terus bertambah. Anda bisa melakukan tes kehamilan dan mendapatkan hasil positif saat ini. Akan tetapi, tes kehamilan yang terlalu dini dapat menghasilkan hasil tes yang negatif karena membutuhkan waktu sekitar satu minggu agar sel telur menempel di dinding rahim dan melepaskan hormon HCG.
  • Berapa banyak yang kamu minum. Tingkat hormon HCG dalam urin tergantung pada seberapa banyak Anda minum. Jika Anda minum terlalu banyak, bukan tidak mungkin kadar hormon HCG dalam urin Anda rendah karena urine terlalu encer sehingga menunjukkan hasil tes yang negatif. Urine yang lebih pekat biasanya menunjukkan hasil tes yang positif.
  • Kadar hormon HCG dalam darah. Tingkat hormon HCG dalam darah dapat berbeda dari orang ke orang, sehingga mempengaruhi keakuratan hasil tes kehamilan. Hasil tes yang positif mungkin membutuhkan waktu lebih lama jika Anda memiliki kadar hormon HCG yang rendah dalam darah Anda.
  • Sensitivitas tes urine. Tes kehamilan yang menggunakan urin memiliki berbagai tingkat kepekaan yang menunjukkan seberapa cepat mereka dapat mendeteksi keberadaan hormon HCG dalam urin. Disarankan agar Anda membaca tingkat kepekaan dan petunjuk pada kemasan sebelum mengikuti tes agar tidak salah.

BACA JUGA:

  • Bercak darah seperti haid bisa jadi tanda kehamilan
  • Cara Hamil Jika Anda Kegemukan
  • Tips Menghitung Kesuburan dan Perencanaan Kehamilan

Posting Kapan Saya Bisa Memulai Pemeriksaan Kehamilan dengan Paket Tes? muncul pertama kali di Hello Sehat.