Kapan Sebaiknya Memasang Behel agar Tetap Aman dan Efektif?

17

Siapa yang tidak ingin memiliki gigi rapi dan terlihat simetris. Hanya saja tidak semua orang dapat memiliki gigi yang rapi secara alami. Pertumbuhan gigi sulit diprediksi sehingga beberapa orang perlu memasang penyangga agar gigi berada pada posisi yang tepat.

Seperti dilansir Mayo Clinic, behel atau kawat gigi yang dipasang oleh dokter gigi berguna untuk menangani gigi yang tidak dalam posisi. Fungsi sanggurdi ini juga berlaku untuk rahang Anda. Pertanyaannya adalah, kapan atau berapa umur seseorang harus menggunakan behel? Lalu bisakah orang dewasa masih menggunakan sanggurdi?

Waktu terbaik untuk memasang behel

cara merawat gigi yang dirawat

Menurut Dr. Thomas J. Salinas, D.D, juga dikutip dari Mayo Clinic, biasanya kawat gigi dapat mulai dipasang pada anak-anak ketika semua gigi susunya tanggal. Anda dapat mulai berkonsultasi ketika anak Anda berusia tujuh tahun di dokter gigi untuk mendapatkan evaluasi penggunaan sanggurdi.

Tetapi berkonsultasi dengan dokter tentang gigi sejak usia dini bukan berarti anak akan segera memasangkan sanggurdi. Ini dilakukan untuk mengetahui masalah yang menyebabkan kerusakan gigi sehingga dokter dapat menentukan jenis perawatan apa yang paling tepat dan efektif.

Secara umum, gigi permanen akan tumbuh sempurna pada usia 8 hingga 14 tahun. Pada saat ini pemasangan sanggurdi dapat dilakukan.

Thomas menambahkan, jika waktu terbaik untuk memasang behel bisa bergantung pada tingkat keparahan dan penyebab kerusakan gigi.

Beberapa alasan untuk memasang kurung atau kawat gigi termasuk gigi yang tumbuh menyamping, tumpang tindih, atau gigitan buruk (ukuran rahang atas dan bawah tidak sama).

Dengan kata lain, sebenarnya tidak ada waktu atau usia yang pasti untuk memasang behel. Beberapa anak bahkan sudah mulai menggunakan sanggurdi pada usia enam tahun.

Berarti, orang dewasa juga bisa memasang behel?

gusi bengkak karena sanggurdi

Ya tentu saja. Orang dewasa dapat memasang dan melakukan kawat gigi menggunakan kawat gigi untuk berbagai alasan. Mulai dari kondisi medis hingga kosmetik.

Bahkan, menurut American Association of Orthodontists yang dikutip dari Health.harvard.edu, satu dari lima orang yang mengobati sanggurdi berusia lebih dari 18 tahun.

Namun, jika Anda bermaksud memasang behel, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Gigi dewasa tidak lagi tumbuh, sehingga beberapa perubahan dalam struktur gigi tidak dapat dicapai tanpa operasi.
  • Proses koreksi atau perawatan menggunakan kawat gigi bisa bertahan lebih lama dari anak-anak. Meskipun proses perbaikan berbeda untuk setiap orang, rata-rata orang dewasa membutuhkan dua tahun.
  • Jika penggunaan sanggurdi disertai dengan perawatan gigi lainnya, Anda perlu mengunjungi dokter gigi lebih sering untuk menghindari efek samping, seperti penyakit gusi.

Jenis sanggurdi atau kawat gigi yang perlu Anda ketahui

proses pemasangan behel

Jenis sanggurdi ini lebih nyaman digunakan jika dibandingkan dengan jenis sebelumnya. Kawat yang digunakan juga tidak setebal tipe yang lama tetapi berfungsi lebih efektif.

Sanggurdi terbuat dari besi tahan karat masih termasuk yang paling sering digunakan mengingat harganya lebih terjangkau. Orang muda biasanya cenderung memilih kawat dan karet berwarna untuk alasan kosmetik.

Di sisi lain, ada juga sanggurdi yang terbuat dari keramik dan plastik yang memiliki warna yang sama dengan gigi sehingga tidak terlalu mencolok dan ukurannya lebih kecil. Namun, keduanya cenderung lebih mahal. Stirrup keramik juga berisiko rusak dan menjadi lebih keras sehingga mengganggu kenyamanan.

Kebutuhan untuk memasang behel tergantung pada masing-masing individu. Anda perlu mempertimbangkan berbagai faktor sebelum memutuskan untuk memasang behel. Meskipun penggunaan sanggurdi atau kawat gigi harus dimulai sejak dini, orang dewasa masih dapat memulai metode merapikan gigi.

Posting Kapan Anda harus memasang behel agar tetap aman dan efektif? muncul pertama kali di Hello Sehat.