Manfaat Mandi Susu untuk Kulit dan Cara Melakukannya di Rumah

18

Mandi susu konon merupakan perawatan kulit para putri berabad-abad yang lalu karena dipercaya memberikan banyak manfaat untuk kulit. Tidak hanya di spa, kini Anda bisa mandi susu sendiri di rumah dengan menyiapkan beberapa bahan sederhana.

Apakah mandi susu bermanfaat untuk kecantikan kulit?

manfaat mandi susu
Sumber: Kesehatan Sangat Baik

Sebenarnya belum banyak penelitian tentang manfaat berendam susu bagi kulit. Meski begitu, susu mengandung beragam vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit.

Berikut manfaat yang bisa Anda peroleh dari mandi susu secara teratur.

1. Menghaluskan kulit

Mandi susu adalah perawatan yang membuat kulit terasa lembut dan kenyal. Ini karena lemak dan protein yang terkandung dalam susu dapat terserap ke dalam kulit. Selain itu, asam laktat dalam susu juga membantu mengangkat sel kulit mati.

Asam laktat adalah sejenis asam alfa hidroksi (AHA) yang biasa digunakan dalam produk perawatan kulit dan kosmetik. Senyawa ini berfungsi mengangkat sel kulit mati sehingga sel kulit baru yang sehat bisa muncul ke permukaan.

Senyawa AHA juga membantu melarutkan perekat interseluler yang menahan sel kulit mati agar tetap berada di permukaan kulit. Dengan begitu, lapisan kulit mati akan lebih mudah terkelupas sehingga permukaan kulit lebih halus dan lembut.

2. Mencerahkan kulit kusam

Selain bisa menghaluskan kulit, berendam dalam susu juga diklaim mampu menyamarkan warna kulit kusam secara alami. Pemakaian susu secara teratur untuk mandi dipercaya mampu mencerahkan warna kulit berkat nutrisi yang terkandung di dalam susu.

Namun perawatan ini tentunya tidak memberikan hasil yang instan. Penampilan kulit cerah didapat dari efek asam laktat dalam membersihkan sel kulit mati. Seperti rutinitas perawatan kulitManfaat tersebut baru bisa Anda dapatkan setelah rutin mandi susu.

3. Membuat tubuh lebih rileks

Berendam dalam air yang mengandung susu dengan tambahan minyak esensial dapat membuat tubuh terasa lebih rileks. Anda bisa mendapatkan khasiat ini dengan menambahkan minyak esensial lavender, kamomil, atau daun mint di kamar mandi.

Untuk merilekskan tubuh dan menenangkan pikiran Anda, cobalah meredupkan lampu dan gunakan lilin sebagai bantuan penerangan. Jangan lupa, nyalakan musik yang Anda suka agar sensasi mandi susu lebih nikmat.

Mandi susu pakai susu apa?

Susu A2

Ada berbagai macam jenis susu yang bisa Anda gunakan untuk perendaman yaitu sebagai berikut.

  • Susu sapi. Inilah jenis susu yang paling umum digunakan karena murah dan mudah ditemukan.
  • Susu kambing. Susu kambing kaya vitamin dan lebih efektif melembabkan kulit. Bahkan bisa juga menggunakan sabun susu kambing.
  • Mentega susu. Susu jenis ini mengandung lebih banyak asam laktat dibandingkan jenis susu lainnya sehingga sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati (proses pengelupasan kulit).
  • Kacang dan susu kedelai. Susu kacang kaya akan kandungan lemak yang membantu membuat kulit terasa lebih halus.

Cara mudah mandi susu di rumah

manfaat mandi susu

Tanpa membayar mahal, Anda bisa melakukan perawatan ini di rumah. Caranya mudah, cukup dengan menuangkan susu yang sudah disiapkan ke dalam bak mandi berisi air hangat.

Berikut panduan yang bisa Anda ikuti.

  • Jika Anda menggunakan susu cair, masukkan 8 ons – 450 ml susu ke dalam bak berisi air hangat. Gunakan susu segar tanpa tambahan gula atau perasa.
  • Jika Anda menggunakan susu bubuk, masukkan 1 cangkir (125-250 g) susu ke dalam bak mandi berisi air hangat.
  • Anda juga bisa menambahkan bahan tambahan seperti kelopak bunga, garam laut, minyak esensial tetes, dan madu murni untuk manfaat tambahan.

Lamanya waktu perendaman bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Namun, sebaiknya tetap patuhi pedoman mandi yang benar dengan tidak berendam lebih dari 10 menit agar kulit Anda tidak mengering.

Metode perawatan kulit ini aman dan menyenangkan. Berbagai kandungan susu dapat memberikan manfaat dalam menghaluskan, melembabkan, dan mencerahkan kulit. Kekurangannya mungkin karena hasilnya tidak instan.

Jika Anda memiliki masalah kulit seperti eksim (dermatitis atopik) dan psoriasis, sebaiknya diskusikan dengan dokter sebelum menggunakan susu untuk mandi. Dokter Anda dapat membantu menentukan apakah metode ini tepat untuk Anda.

Postingan Manfaat Mandi Susu untuk Kulit dan Cara Melakukannya di Rumah muncul pertama kali di Hello Sehat.