Mudah Kok! Ini Cara Membuat dan Mencuci Masker Kain Sendiri

16

Salah satu cara untuk mencegah penularan COVID-19 adalah dengan menggunakan masker. Masyarakat sekarang mulai menghargai masker medis yang diperuntukkan bagi tenaga medis sebagai penjaga depan dalam menangani COVID-19. Karena itu, masyarakat akhirnya berinisiatif menggunakan topeng kain. Karena bisa digunakan berulang kali, tentu perlu diterapkan cara mencuci masker dengan tepat.

Cara membuat topeng kain

Topeng kain sekarang mudah diperoleh, karena banyak orang telah mengambil inisiatif untuk membuatnya. Tetapi jika Anda ingin lebih banyak tabungan, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut adalah cara yang dapat diterapkan ketika membuat topeng kain Anda sendiri, berdasarkan tips dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC).

Cara membuat topeng kain dari t-shirt

Bahan:

  • baju itu
  • menggunting

Langkah-langkah untuk membuat:

  • potong bagian bawah baju dengan lebar sekitar 17-20 cm
sumber: Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit
  • untuk membuat tali, potong bagian atas sepanjang 15-17 cm, sama seperti pada gambar. Kemudian potong di tengah untuk memisahkan tali
sumber: Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit
  • Coba kenakan masker di hidung dan mulut, dengan mengikat tali ke bagian atas kepala dan di belakang leher
sumber: Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit

Cara membuat topeng kain tanpa jahitan

Bahan:

  • bandana kapas atau syal sekitar 50 × 50 cm
  • ikat rambut atau karet gelang
  • gunting (jika perlu potong)

Langkah-langkah untuk membuat:

sumber: Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit
  • Lipat kedua kain (bandana atau syal), jika terlalu besar silakan potong sesuai dengan ukuran di atas
  • Bagi kain. Lipat bagian atas dan bawah kain ke tengah
  • Masukkan karet ke dalam selendang
  • Lipat masing-masing sisi ke tengah topeng
  • Kemudian selipkan ujung sisi ke sisi lubang yang lain atau bisa juga dijahit agar topeng tetap berada di tempatnya.
  • Coba dan pakai topeng

Nah, sekarang Anda memiliki topeng kain di rumah, mari tahu cara mencuci dan membersihkannya.

Cara mencuci dan membersihkan topeng kain

Banyak yang mempertanyakan apakah topeng kain ini dapat secara efektif memberikan perlindungan? Adapun penelitian yang disebutkan, masker bedah lebih efektif daripada masker yang terbuat dari kain.

Melainkan mempelajari jurnal-jurnal alam Kedokteran Bencana dan Kesiapsiagaan Kesehatan Masyarakat katakanlah, masker buatan rumah bisa menjadi pilihan terakhir untuk mencegah penularan infeksi saluran pernapasan (dalam diskusi ini mentransmisikan melalui tetesan). Studi tersebut mengatakan, setidaknya topeng buatan rumah bisa menjadi perlindungan pribadi, bukannya tanpa perlindungan sama sekali.

Dalam situasi pandemi COVID-19 ini, penggunaan masker kain direkomendasikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS. Banyak orang yang mulai membuat sendiri untuk membuat topeng mereka sendiri dari kain. Inisiatif ini dilakukan agar topeng bedah lebih disukai untuk tenaga medis yang langsung menangani pasien COVID-19.

Masker kain cenderung lebih efisien bila digunakan karena dapat digunakan kembali kapan saja. Menurut Web MD, penggunaan masker kain dapat memperlambat penularan virus. Bagi Anda yang masih memiliki aktivitas di luar rumah, tentu akan sering menggunakan kain topeng.

cara mencuci topeng kain

Masker berfungsi untuk mencegah tetesan cairan dari orang yang batuk, bersin, atau berbicara. Karena penularannya bisa dari paparan cairan cair. Karena itu, virus yang mungkin menempel pada masker perlu segera dihapus dengan mencuci.

Karena itu, ketahuilah cara mencuci masker kain dengan tepat.

1. Buka topengnya

Lepaskan topeng tanpa menyentuh bagian depan. Ada banyak bakteri dan virus yang mungkin mendarat di topeng. Letakkan masker di atas baskom atau mesin cuci.

Setelah itu, Anda perlu mencuci tangan dengan benar selama 20 detik dengan sabun. Lakukan ini untuk meminimalkan bakteri atau virus yang menempel di tangan. Selanjutnya terapkan cara yang tepat untuk mencuci topeng kain pada tahap selanjutnya.

2. Gunakan air panas

Jangan lupa menggunakan air panas sebagai cara untuk mencuci topeng kain. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) setidaknya suhu 56ºC dapat membunuh virus. Secara lebih rinci, pada suhu itu sekitar 10.000 unit virus dapat dibunuh selama 15 menit.

Selain menggunakan air panas, Anda bisa menggunakan sabun atau deterjen saat mencuci di mesin cuci. Dalam suhu panas, sabun dan deterjen tidak meninggalkan sisa busa yang menempel pada masker.

3. Keringkan masker

Setelah mencuci masker kain, Anda perlu mengeringkannya dengan suhu panas sebagai cara lain untuk membunuh kuman. Jika menggunakan mesin pengering, jangan lupa untuk menggunakan suhu panas.

Pilihan lain adalah menggantung dan menggantungnya di bawah sinar matahari. Sinar UV matahari dapat membantu membunuh kuman yang masih melekat pada kain topeng.

4. Simpan dan gunakan topeng jika perlu

Setelah kering, jangan lupa untuk menyimpannya di lemari. Jika sewaktu-waktu ingin mengenakan topeng, jangan lupa membersihkan tangan Anda untuk mengurangi menempelnya bakteri atau virus pada topeng. Tidak lain dari mencuci tangan selama 20 detik menggunakan air mengalir dan sabun.

Posnya Gampang kok! Inilah Cara Membuat dan Mencuci Topeng Kain Anda Sendiri muncul pertama kali di Hello Sehat.