Sabun Susu Kambing Lebih Baik dari Sabun Mandi Biasa, Benarkah?

17

Susu kambing merupakan salah satu alternatif susu sapi terbaik karena kaya akan vitamin dan mineral. Selain diolah menjadi makanan, susu kambing juga bisa dibuat sabun mandi.

Faktanya, sebuah produk perawatan kulit Ini diklaim memiliki manfaat lebih dari sabun mandi komersial. Benarkah

Kurangnya sabun mandi biasa

sabun untuk alergi

Kebanyakan orang lebih suka menggunakan sabun biasa untuk alasan kenyamanan. Namun, tidak selamanya yang praktis dan murah selalu diunggulkan.

Sabun tubuh komersial sebenarnya adalah produk deterjen sintetis. Sabun mandi yang diproduksi secara massal biasanya memiliki pH tinggi karena mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan kulit jika digunakan secara berlebihan.

Dibandingkan sabun susu kambing, sabun yang mengandung detergen lebih populer karena berbusa dan efektif sebagai pembersih kotoran. Namun, deterjen juga bersifat basa. Alkali dapat mengubah keseimbangan pH kulit sehingga kulit menjadi kering.

Kulit memiliki lapisan yang berfungsi sebagai pelindung terhadap bakteri, virus, racun, iritan, dan hal lain yang berpotensi menembus kulit. Apa pun yang mengganggu pH lapisan pelindung ini dapat menyebabkan peradangan pada kulit.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Farmakologi dan Fisiologi KulitSekitar 90 menit setelah dicuci dengan sabun, pH kulit tangan belum sepenuhnya kembali normal. Nilai pH kulit yang seimbang adalah 4,7 – 5,75.

Perubahan pH dapat menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak dan meningkatkan risiko iritasi. Akibatnya, kulit lebih mudah terserang dermatitis kontak, dermatitis atopik, infeksi jamur, dan masalah kulit lain yang berhubungan dengan jerawat.

Berbeda dengan sabun mandi susu kambing, sabun mandi komersial biasanya juga memiliki tambahan pewangi dan pewarna. Berbagai zat tersebut dapat menyebabkan kulit kering dan memicu reaksi alergi, terutama pada kulit sensitif.

Sabun antibakteri yang dianggap unggul dapat memiliki bahan kimia yang lebih keras seperti triclosan dan triclocarban. Keduanya diduga meningkatkan risiko bakteri menjadi lebih kuat melawan zat antibakteri dalam sabun.

Berbagai Cara dan Perawatan untuk Meringankan Kulit Kusam

Proses pembuatan sabun susu kambing

Sabun susu kambing terbuat dari susu kambing murni dan bahan alami lainnya seperti minyak kelapa dan minyak zaitun. Semua bahan mentah ini umumnya dicampur bersama larutan alkali (pelet natrium hidroksida).

Meski bersifat basa, dampak penggunaannya larutan alkali tidak sebesar sabun mandi komersial. Ini karena molekul minyak dan larutan alkali langsung menyatu dengan sabun. Proses pembuatan sabun juga menghasilkan gliserin yang melembabkan kulit secara alami.

Penting untuk dicatat bahwa semua sabun asli harus dibuat dengan larutan alkali. Produk pembersih kulit atau rambut apa pun yang dibuat tanpa natrium hidroksida bukanlah sabun yang sebenarnya, tetapi produk deterjen.

Khasiat sabun susu kambing

sabun wajah untuk jerawat

Berikut manfaat yang bisa Anda peroleh dari menggunakan sabun susu kambing.

1. Bersihkan kotoran yang membandel

Susu kambing dalam bentuk aslinya mengandung asam laktat dan asam alfa-hidroksi (AHA). Asam laktat dikenal sangat efektif dalam membersihkan kulit. Senyawa ini bekerja dengan cara menghilangkan kotoran membandel yang ada di kulit Anda.

Sedangkan konten asam alfa-hidroksi berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam. Ini akan mempercepat proses peremajaan kulit agar terlihat cerah dan bercahaya.

2. Memenuhi kebutuhan nutrisi kulit

Manfaat lain dari susu kambing adalah kandungan protein dan lemaknya yang tinggi. Protein memperkuat struktur kulit dan membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, sedangkan lemak dapat melembabkan dan mencegah peradangan kulit.

Tak hanya itu, susu kambing juga kaya vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Kulit Anda bisa mendapatkan zinc, vitamin A, B kompleks, D, dan vitamin E hanya dengan rutin menggunakan sabun susu kambing.

3. Menyeimbangkan pH kulit

Nilai pH sabun susu kambing lebih cocok untuk kulit berkat kandungan asam kaprilatnya. Senyawa tersebut dapat menurunkan nilai pH sabun dan membuatnya hampir menyerupai pH tubuh manusia. Hasilnya, kulit bisa menyerap nutrisi dengan lebih baik tanpa menjadi kering.

4. Sangat baik dalam menjaga kelembapan kulit

Krim alami dalam susu kambing membantu mengunci kelembapan di kulit. Inilah sebabnya mengapa jika Anda menggunakan sabun susu kambing secara teratur, Anda mungkin mulai memperhatikan bahwa kulit Anda menjadi lebih lembut dan kenyal.

Sabun susu kambing juga tidak mengandung deterjen, alkohol, pewarna, atau limbah minyak bumi. Karenanya, produk ini dinilai lebih aman bagi orang dengan kulit sensitif atau yang terkena masalah kulit seperti eksim.

Sabun susu kambing adalah salah satu alternatif terbaik jika Anda ingin beralih ke perawatan kulit yang lebih alami. Produk ini umumnya lebih aman untuk kulit, namun perhatikan kondisi kulit setelah pemakaian rutin untuk mencegah efek yang tidak diinginkan.

Postingan Sabun Susu Kambing Lebih Baik dari Sabun Mandi Biasa, Benarkah? muncul pertama kali di Hello Sehat.