Seberapa Besar Kemungkinan Bayi Prematur Bertahan Hidup?

25

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bayi yang lahir sebelum usia kehamilan 37 minggu disebut kelahiran prematur. Sebagian besar bayi prematur lahir pada usia 34-36 minggu & # 39; kehamilan. Lalu, bagaimana peluang bayi prematur bertahan hidup jika dilahirkan dengan usia kehamilan lebih kecil dari itu?

Pada usia kehamilan berapakah bayi prematur memiliki peluang terbesar untuk bertahan hidup?

Kemampuan hidup bertahap bayi prematur yang lahir pada usia kehamilan 34-36 minggu lebih tinggi dibandingkan bayi yang lahir kurang dari 34 minggu '. kehamilan.

Namun, mereka yang lahir di bawah 34 minggu & # 39; gestasi dan berat badan kurang dari 1.500 gram, biasanya memiliki kemampuan adaptasi terbatas, kematangan organ lebih rendah, dan kemampuan bertahan hidup rendah.

Kebanyakan dokter memperkirakan kelangsungan hidup bayi prematur akan lebih baik jika bayi lahir minimal sekitar usia kehamilan 24 minggu. Di kebanyakan rumah sakit, 24 minggu adalah batas waktu di mana dokter akan menggunakan intervensi medis untuk menyelamatkan nyawa bayi.

Bayi yang lahir pada usia kehamilan 24 minggu umumnya memerlukan berbagai intervensi medis, termasuk ventilasi mekanis dan perawatan invasif lainnya, termasuk perawatan di unit perawatan intensif neonatal atau NICU.

Namun di tangan spesialis yang berpengalaman, bayi yang lahir lebih awal mungkin memiliki peluang untuk bertahan hidup. Bayi yang lahir pada usia kehamilan 23 minggu memiliki harapan hidup di bawah pengawasan dokter spesialis tersebut, namun kemungkinannya memang lebih kecil.

Kemungkinan bayi prematur bertahan hidup tergantung pada derajat prematuritasnya

Kasus termuda bayi prematur yang tercatat bertahan adalah usia kehamilan 21 minggu 6 hari, sehingga banyak media yang menyebutnya sebagai “keajaiban”.

Tingkat kelangsungan hidup bayi prematur meningkat seiring dengan perkembangan kehamilan. Bahkan satu minggu ekstra di dalam rahim bisa membuat perbedaan besar. Tetapi secara umum, bayi prematur yang lahir mendekati usia 37 minggu lebih baik daripada bayi prematur yang lahir sebelum 28 minggu.

Kesempatan hidup bayi prematur bergantung pada tingkat prematuritas dan berat lahir bayi. Kehamilan adalah istilah jika berlangsung antara 37-42 minggu.

Dua pertiga bayi yang lahir pada usia kehamilan 24 minggu yang dirawat di NICU umumnya akan bertahan hidup. Sebanyak 98 persen bayi yang lahir pada usia kehamilan 30 minggu juga akan bertahan hidup.

Persentase harapan hidup bayi prematur berdasarkan usia kehamilan

Berikut angka harapan hidup bayi prematur berdasarkan usia kehamilan.

  • Usia kehamilan 23 minggu memiliki harapan hidup 17%
  • Usia kehamilan 24 minggu memiliki harapan hidup 39%
  • Usia kehamilan 25 minggu memiliki harapan hidup 50%
  • Usia kehamilan 26 minggu memiliki harapan hidup 80%
  • Usia kehamilan 27 minggu memiliki harapan hidup 90%
  • Usia kehamilan 28-31 minggu memiliki harapan hidup 90-95%
  • Usia kehamilan 32-33 minggu memiliki harapan hidup 95%
  • Usia kehamilan 34+ minggu memiliki harapan hidup yang hampir sama dengan bayi cukup bulan

Postingan Seberapa Mungkin Bayi Prematur Bertahan Hidup? muncul pertama kali di Hello Sehat.