Untuk Pasutri, Begini Cara Memilih Kondom yang Pas

20
Untuk Pasutri, Begini Cara Memilih Kondom yang Pas

Memilih kondom yang tepat bisa menjadi cara bagi pasangan untuk menikmati seks. Dari sekian banyak pilihan kondom, mungkin tidak semua cocok untuk Anda. Pilihan kondom disesuaikan dengan ukuran, bahan, dan selera Anda.

Jika Anda menderita keraguan, inilah cara memilih kondom yang tepat.

Cara memilih kondom pria yang cocok

Tidak hanya menjaga kenyamanan saat berhubungan seks, memilih kondom yang tepat mendukung fungsinya protektif dan preventif. Pilihan kondom yang salah dapat menyebabkan kebocoran semen ke dalam vagina.

Jika Anda tidak berencana untuk memiliki anak, Anda harus tahu cara memilih kondom yang tepat untuk Anda.

1. Desain kondom

Berbagai produk kondom diciptakan untuk menambah pengalaman dan kepuasan pasangan yang sudah menikah. Cara memilih kondom berikutnya, Anda dan pasangan harus menyetujui untuk menyukai desain kondom dan kemudahan penggunaannya.

Ada banyak variasi kondom, seperti kondom berwarna, kondom dengan bentuk memutar atau dengan tekstur burik yang dibuat sedemikian rupa agar pasangan lebih merangsang gairah melalui vagina.

Agar tidak mengurangi fungsi dan kenyamanan kontrasepsi, pilihlah kondom bentuknya mudah atau dengan mudah menyesuaikan bentuk penis. Dengan begitu, kondom mudah membungkus penis saat digunakan dan mudah dilepaskan saat ejakulasi selesai.

Karena seks dinikmati bersama, lebih baik tidak menentukan bentuk kondom yang diinginkan secara sepihak. Penting untuk menentukan dengan pasangan Anda, sehingga seks itu menyenangkan.

2. Ukuran kondom

Karena kondom akan digunakan saat ereksi, maka Anda perlu melakukannya tahu ukurannya Dalam kondisi seperti ini, produk kondom umumnya menawarkan tiga ukuran.

  • Ukuran tutup pas, dengan lebar 49 mm
  • Ukuran nyaman, dengan lebar lebih atau kurang 52,5 mm
  • Ukuran besar, dengan lebar 56 mm

Pastikan untuk memilih kondom yang tepat sehingga Anda dapat berhubungan seks dengan pasangan tanpa khawatir.

3. Bahan

Mempertimbangkan bahan atau bahan kondom juga merupakan cara untuk memilih kondom dengan benar. Biasanya kondom berbasis lateks memiliki efektivitas 82-98% untuk mencegah kehamilan dan penyakit menular seksual.

Berbagai produk menawarkan kondom lateks yang tersedia dalam tekstur tebal dan tipis. Sebelum membelinya, Anda perlu menentukan pemilihan kondom dengan pasangan Anda agar hubungan seks tetap terasa menyenangkan.

Bagi Anda yang sudah berpengalaman alergi lateks, ada bahan kondom lain yang bisa jadi alternatif. Misalnya, pilih kondom yang terbuat dari poliuretan, poliisoprena, dan kulit domba.

Pakailah kondom untuk wanita

fakta tentang kondom wanita

Anda sudah tahu cara memilih kondom pria yang cocok. Selain kondom pria, ada juga kondom wanita. Kondom ini memiliki fungsi yang sama dengan kondom pria. Umumnya, kondom wanita terbuat dari poliuretan, sehingga aman digunakan jika pasangan Anda memiliki alergi lateks.

Menurut Planned Parenthood, seperti dilansir situs Healthline, kondom wanita memiliki efektivitas hingga 95% jika digunakan dengan benar. Meskipun keduanya memiliki metode perlindungan yang sama, kondom wanita dan pria tidak direkomendasikan untuk digunakan bersama. Menggunakan keduanya bisa merusak fungsinya kondom optimal.

Apakah lebih baik menggunakan kondom pria atau wanita?

Kondom pria dan wanita sebenarnya memiliki fungsi perlindungan yang sama. Dalam hal kenyamanan, Anda bisa menggunakan kondom pria sehingga seks terasa lebih menyenangkan. Berikut keuntungannya jika Anda memilih kondom pria sebagai alat kontrasepsi.

1. Mudah didapat dengan harga terjangkau

Kondom dapat dengan mudah diperoleh di mana saja, seperti di toko serba ada, pasar, atau di apotek. Kontrasepsi ini dapat dibeli dengan harga terjangkau sebagai perlindungan.

2. Memiliki berbagai variasi

Kondom memiliki berbagai varian, termasuk variasi ukuran yang mudah menyesuaikan bentuk penis sehingga mudah digunakan dan dilepas saat selesai (Mudah dibentuk).

Selain itu, kondom memiliki berbagai ketebalan untuk memberikan kenyamanan bagi pasangan dalam hubungan seksual. Kondom memiliki ketebalan yang tipis untuk memberikan perlindungan tanpa mengurangi kenyamanan.

3. Perlindungan seksual yang efektif

Kondom juga memberikan perlindungan yang aman bagi pasangan saat berhubungan seks. Secara efektif, kondom dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit menular seksual dan kehamilan, tanpa menimbulkan efek samping seperti kontrasepsi lain seperti IUD atau pil KB.

Pos untuk pasangan, Inilah Cara Memilih Kondom yang Tepat, muncul pertama kali di Hello Sehat.